Danau Toba

Danau Toba yang terletak di Sumatera Utara ini merupakan salah satu danau vulkanik terindah yang dimiliki Indonesia. Dengan luas yang mencapai 1.145 kilometer persegi, Danau Toba tampak seperti sebuah lautan yang berada di ketinggian 900 meter di atas permukaan laut. Selain disebut sebagai danau terluas di Asia Tenggara, danau yang memiliki kedalaman 450 meter ini juga menjadi danau terdalam di dunia. 

Danau Toba terletak di pegunungan Bukit Barisan, Sumatera Utara. Luasnya 1.145 kilometer persegi yang menjadikannya danau terluas se-Asia Tenggara dan luasnya lebih besar dari Singapura [716 km]. Danau Toba juga menjadi danau terluas di dunia yang terbentuk akibat aktivitas vulkanik gunung berapi, yaitu Gunung Toba yang terletak di Provinsi Sumatera Utara, Indonesia. 

Letusan Gunung Toba diperkirakan terjadi sekitar 73.000 sampai 75.000 tahun yang lalu.Latar belakang Danau Toba terbentuk karena letusan gunung berapi yang memuntahkan 2.800 km kubik material letusan, sehingga membuat kawah yang lambat laun dipenuhi air menjadi danau. Di tengah Danau Toba terdapat pulau bernama Samosir. Pulau tersebut sekiranya mendekati luas dari negara Singapura dan memiliki beberapa desa dengan wisata alam luar biasa, seperti pegunungan dan air terjun.

Jadi ceritanya, liburan lebaran tahun ini, Aku, Ibu, Bulek, Om, Adek Lia dan Mas Yudha berwisata ke Danau Toba. Ini perjalanan pertamaku ke Danau Toba, padahal di provinsi yang sama dengan tempat tinggalku 😅😅. Pemandangan danau ini Indah, Meski Aku salah kaprah. Aku pikir danau ini seperti Danau Wakatipu yang ada pasir di tepinya, ternyata tidak. Padahal aku udah berencana untuk main-main air dan pasir dan udah bawa pakaian ganti. Tapi tak apalah, menikmati view dan foto-foto juga menyenangkan. 


Alhamdulillah….

Sumber: Wikipedia 

Advertisements