three top values

Screen Shot 2017-06-02 at 6.51.58 PMAssalamualaikum…

Research suggested that the most successful relationship, including marriage, is when the couple have minimum three values similarities (Karuna, 2017).

Plagiarism is very prohibited in academic, hence I  use in text citation in my writing.

Jadi ceritanya aku baru aja ngebaca berita dari negara Indonesia, negaraku tercinta tentang seorang anak sekolah menengah atas yang tulisannya menjadi viral. Namun di tulisan yang diunggahnya terakhir kali ini, dia tersandung masalah plagiarism. Dia di tuding mencontek tulisan orang lain dalam tulisan terakhirnya.

Saat dulu aku sekolah menengah atas, aku belum paham yang namanya plagiarism, tahunya sih cuma mengganti kalimat orang lain dengan kalimat langsung menjadi kalimat tidak langsung. Kemudian saat duduk di bangku kuliah dan mulai menulis skripsi, aku di ajarkan untuk menulis dengan menyusun daftar pustaka dan juga mengganti kalimat yang aku ambil dari sumber lain dengan tekhnik yang aku pelajari saat SMU yaitu kalimat langsung menjadi kalimat tidak langsung.

Saat lulus beasiswa dan mengikuti persiapan keberangkatan di IALF jakarta, aku di bekali dengan banyak ilmu tentang cara menulis secara akademik. Banyak metode yang bisa di pakai jika ingin mengutip kalimat untuk di masukkan ke dalam tulisan kita. Plagiarisme di dunia pendidikan sangat sangat di larang, semua tulisan yang kita kutip dari jurnal harus di buat reference-nya. Buat adik SMU yang lagi viral tersebut, aku ga tau apakah kamu paham dengan plagiarism dan apakah tulisan yang kamu posting adalah hasil orisinal mu atau memang hasil mengkopi karya orang lain. Hanya kamu dan Allah yang tahu. Namun semangatmu untuk membaca patut di acungi jempol, karena saat aku seusiamu, semangat membaca ku biasa aja. Lebih fokus ke pembahasan soal-soal untuk seleksi masuk fakultas kedokteran di perguruan tinggi negeri.

Kembali ke topik sesuai judul, tiga nilai top yang kita miliki. Saat kelas strategic management, dosen mata kuliahku, namanya Kristo Karuna. Beliau mengatakan bahwa sebuah hubungan yang sukses termasuk pernikahan adalah saat dua orang memiliki kesamaan nilai, tiga nilai utama sebagai modal untuk memasuki jenjang pernikahan. Perbedaan kepribadian bukanlah masalah, namun tiga nilai utama dan kesamaan tujuan untuk memaksimalkan nilai kita masing-masing. Jadi apa tiga nilai utama mu? Tulis di dalam daftar riwayat hidupmu… dan kirimkan padaku. :-D. We maximize our values together for the rest of our life….

Mata kuliah strategic management ini merupakan mata kuliah yang menarik dan seperti puzzle karena banyaknya topik yang di bahas dan saat aku melihat setiap kepingan, rasanya ga nyambung. Namun saat aku melihat secara keseluruhan, barulah paham bahwa akuntansi bukan hanya tentang angka-angka. Akuntan juga harus memahami strategi kepemimpinan, dan belajar sebagai penasehat di sebuah lembaga atau organisasi. Sehingga akuntan harus memahami ilmu-ilmu kepemimpinan dan juga belajar tentang fungsi otak. Yah intinya sih pelajaran ini menarik, jadi semakin kamu kenal maka semakin menarik. Cuma satu yang bikin deg-deg an: ujian akhirnya. Semoga di lancarkan Allah SWT, aamiin.

Oh ya, di unit ini juga di ajarkan pentingnya setiap orang memiliki sense of purpose atau mission. Nah, sebagai umat muslim tujuan kita di dunia tentunya mengumpulkan bekal sebanyak-banyaknya untuk di bawa ke alam kekal yaitu akhirat. Nah dosen ku Kristo ini memiliki mission “inspire others and create learning culture”, dan aku boleh bilang kalau dia berhasil inspire aku. Jadi saat nulis tugas reflective tuh aku nulis kalau sense of purposeku adalah continuous learning dan menyusun SMART goals atau beberapa tujuan yang Specific, Measureable, Attainable, Realistic and Timeline. Jadi Purpose adalah ultimate goal kita yang selanjutnya di jewantahkan dalam beberapa tujuan2 kecil yang realistic dan terkait dengan cluster kita, yaitu orang-orang disekitar yang mempengaruhi dan dipengaruhi oleh tujuan ultimate kita. Nilai tugas ini sih belum keluar, yaa semoga nilainya bagus. Aamiin ya Allah.

Melalui unit ini pula aku mengenal yang namanya Neuroscience, jadi ini adalah cabang ilmu yang mempelajari tentang Neuron. Apa pentingnya seorang Akuntan mengerti tentang neuron? Pentingnya adalah, seorang pemimpin harus paham bagaimana memahami fungsi otak untuk memotivasi bawahannya. Karena pekerjaan akuntan bukanlah hanya tentang angka-angka, namun juga strategic leadership, maka kita di bekali sedikit tentang Neuroscience ini. Terus pengaruh otak dengan creativity, since tension or pressure in an organization leads to a creativity.

Shared Value….adalah hal yang paling membekas di pikiranku selama mengikuti pelajaran ini. Kalau kamu tahu tabung jam pasir, maka pemahamanku tentang shared value seperti jam pasir. Awalnya aku paham konsep yang luas, kemudian menyempit, dan finalnya kembali meluas. Semuanya shared value…Yaa gitu deh, ini memang unit di wonderful world…of Strategic Management Accounting

-daniwulan, Clayton, 06 Ramadhan 1438 Hijri-

