Prosedur Pendaftaran Paspor Baru di Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas I Medan secara langsung

Assalamualaikum….

Salah satu agenda mudik kali ini adalah mendaftar paspor untuk papi, dan dulu pernah nulis tentang prosedur perpanjang paspor secara online disini, kali ini mau share cara pendaftaran paspor baru dengan cara datang langsung ke Kanim Kelas I Medan yang terletak di Jalan Gatot Subroto Medan. Setiap hari senin dan selasa jam buka pelayanan Kanim Kelas I Medan dimulai pukul 06.30 pagi, sehingga saat aku dan papi tiba di lokasi sekitar pukul 07.00, antriannya sudah pendek.

Adapun syarat yang dibutuhkan untuk pendaftaran paspor baru adalah:

  1. KTP
  2. Kartu Keluarga
  3. Akta Nikah/Buku Nikah
  4. Akta Kelahiran atau Ijazah, boleh salah satu nya saja, tujuannya sih untuk mengecek nama orang tua yang tertulis di Akta Kelahiran atau di Ijazah.

Semua dokumen di foto copy sebanyak satu lembar di atas kertas A4 dan saat pengecekan dokumen pemohon akan diminta untuk menunjukkan aslinya. Keseluruhan data di dalam dokumen harus sama (nama lengkap, tanggal lahir, nama orang tua –> petugas akan melakukan pengecekan data-data ini saat pemohon akan di berikan formulir)

Setelah seluruh dokumen lengkap, petugas akan memberikan formulir untuk di isi dan juga surat pernyataan bagi pemohon baru yang belum pernah memiliki paspor. Setelah melakukan pengisian formulir dengan huruf cetak, dan tinta hitam, akan ada pengecekan dokumen dan pemberian nomor antrian untuk pengambilan foto dan wawancara. Khusus untuk hari senin dan selasa, nomor antrian dari pukul 06.30 s/d 08.00 di samakan seluruhnya baik itu untuk Lansia, Pendaftaran Online dan Pendaftaran Walk-In (Seluruhnya kode A). Namun setelah pukul 08.00, nomor antrian akan di bedakan, Lansia/Ibu hamil/Anak-anak mendapat Kode C dan Pendafar Online dengan Kode E.

Setelah nomor antrian di panggil, pemohon akan di wawancara beberapa hal seperti alasan pengurusan paspor dan kemudian di ambil foto. Selanjutnya pemohon akan di berikan slip pembayaran untuk biaya paspor, sebesar Rp355,000 (termasuk 5000) biaya administrasi. Sejak September 2016, pembayaran dapat dilakukan di beberapa bank dan pos persepsi (jadi tidak lagi eksklusif di Bank BNI). Setelah pembayaran, paspor dapat diambil di Kanim Kelas I Medan dengan membawa tanda bukti pembayaran. Pemohon harus datang untuk mengambil paspor karena pemohon akan melakukan tanda tangan di paspor. Taraaa, gampang kan…

This slideshow requires JavaScript.

-daniwulan-

Advertisements