Prosedur Pengurusan Visa New Zealand dari Australia secara Online

Assalamualaikum…

Ini pertama kalinya aku ngurus visa sendiri, karena posisi sekarang sedang jadi mahasiswa yang berkuliah di Monash University, Australia; maka aku memanfaatkan waktu liburan untuk jalan-jalan ke negara tetangga, yaitu Selandia Baru, selanjutnya di sebut New Zealand (NZ). Nah syarat utama masuk ke NZ tentunya adalah Visa, maka aku memanfaatkan fasilitas pengurusan visa secara online.

  1. Buka situs imigrasi NZ di sini , nah kamu bisa baca-baca tuh disitu tentang berbagai opsi untuk pilihan visa. Kalau cuma buat liburan, pilih Visitor Visa. Kemudian kamu bisa klik tab Apply for visa dan buat opsi seperti berikut: screen-shot-2017-01-07-at-11-24-03-am
  2. Saat kamu klik view visa details and apply akan muncul penjelasan tentang visitor visa, apa-apa saja yang bisa kamu lakukan sebagai pemegang visitor visa. Penjelasannya seperti berikut:screen-shot-2017-01-07-at-11-25-25-amScreen Shot 2017-01-07 at 11.27.12 AM.png
  3. Selanjutnya kamu akan di arahkan untuk membuat akun Real Me. Jika kamu klik Apply Now, maka akan muncul tampilan seperti berikut dan kemudian kamu di alihkan ke tab untuk pendaftaran akun Real Me, semacam Identitas untuk seluruh web pemerintahan di NZ atau penjelasannya “A secure online ID that allows you to login to a wide range of New Zealand Government services using a single username and password”screen-shot-2017-01-07-at-11-28-00-amscreen-shot-2017-01-07-at-11-30-29-am
  4. Pilih deh Create a RealMe Login. Isi data-data yang diperlukan. Setelah sukses kamu akan mendapatkan email notifikasi untuk memverifikasi akun RealMe kamu. Setelah kamu verifikasi maka kamu sudah bisa untuk mendaftar visa NZ secara online. Nah kamu bisa login di Web Imigrasi NZ sesuai link pertama tadi, dan kemudian kamu akan di arahkan untuk login ke akun RealMe kamu. Setelah login, kamu bisa mulai apply new visitor visa. Seperti gambar berikut:
    screen-shot-2017-01-07-at-11-35-02-am

    Saat Akan login pilih visitor Visa

    screen-shot-2017-01-07-at-11-34-48-am

    Pilih Create New Visitor Visa Application

     

  5. Kamu tinggal isi deh formulir online sesuai dengan data yang sebenarnya kamu miliki, kemudian upload dokumen-dokumen yang diperlukan, seperti Pas Photo ukuran paspor (Jpeg), kemudian file lainnya dalam bentuk Pdf: Paspor (bagian yang ada foto dan ada tanda-tangan), Bukti dana di bank, Bukti Booking tiket pesawat dan/atau hotel, Bukti Lainnya (aku masukkin: Visa student, IELTS Certificate, Acceptance of Offer Scholarship sebagai bukti aku student yang ga akan stay di NZ, Student Identity). Kalau dari formulirnya sih bukti lainnya seperti gambar berikut:screen-shot-2017-01-05-at-11-19-10-am
  6. Setelah semua dokumen lengkap kamu bisa langsung klik tombol submit. Oh ya, sebelum submit kamu akan di arahkan ke tab pembayaran visa. Biaya untuk pendaftaran melalui online sebesar NZD 165 (terdiri atas visitor fee: 151 dan visitor levy: 14). Setelah kamu submit, tinggal berdoa deh semoga aplikasi kamu di approve. Oh ya, untuk permohonan aplikasi visa secara online dijelaskan bahwa kamu kemungkinan diminta untuk mengirimkan paspor asli kamu. Kalau di Australia, di mintanya dikirim ke Sydney, nah namun negara tertentu (INDONESIA TIDAK TERMASUK) bisa juga tidak diminta untuk mengirimkan paspor asli dan visa bisa langsung di granted. Satu hari setelah submit, kamu akan mendapatkan email dari Imigrasi NZ bahwa dokumen kamu sudah diterima dan sedang dalam proses verifikasi dan jika diminta untuk mengirimkan paspor maka kamu harus mengirimkan paspor asli ke cabang terdekat (contohnya kalau di Australia ya ke pihak imigrasi NZ di Sydney). Contoh Suggestion apakah kamu harus mengirim passport asli atau enggak bisa di cek di bagian thank you, seperti berikut:screen-shot-2017-01-11-at-8-46-38-pm
  7. Pengiriman Paspor Asli, pembayaran handling fee, dan courier fee kalau kamu tidak melampirkan amplop balasan. Untuk tahu kamu eligible/tidak untuk mengirimkan paspor asli, maka di akhir formulir pendaftaran sebelum di submit, di bagian Thank You akan ada keterangan WHAT TO DO NEXT. Kalau kamu disaranin kirim paspor asli ya langsung kirim aja sesuai alamatnya yang bisa di cek disini:  dan penjelasan tentang handling fee ada di siniscreen-shot-2017-01-10-at-6-00-51-pm
  8. Kamu bisa cek proses pendaftaran visa kamu melalui web ini .
  9. Selamat mengeskplor New Zealand. Kamu pilih pulau utara atau pulau selatan? Atau malah keduanya?
  10. Taraaa, setelah menanti selama 15 hari kerja sejak paspor diterima oleh TTSNZ Sydney, Visa ku di granted, meskipun hanya dapat single entry. Yuuk bikin itinerary buat April nanti, Insya Allah, Aamiin

Nah total biaya yang aku keluarin untuk pengurusan paspor ini adalah:

  • Visa Fee : NZD 165 = AUD 162.77
  • Pas Foto = AUD 19.95
  • Handling Fee = AUD 29
  • 2 Amplop Express Platinum untuk Kirim Paspor = 31.90
  • Jadi Total Biaya untuk urusan visa ini sebesar : 243.62

 

-daniwulan-

Advertisements