Mengatasi Hard Disk Eksternal yang terbaca namun tidak muncul di Windows Explorer

Roaming, roaming, roaming, ini pikirku kala memakai windows di laptop milik kanjeng mami. Harddisk eksternal ku, WD Passport yang biasanya aku pakai dengan Mac Book Pro ku tetiba tidak muncul di windows explorer. Padahal banyak file photo yang aku simpan di dalamnya dengan maksud mau aku edit di sini dan kemudian mau aku cetak ke tukang foto (mumpung murah meriah).

Jadi masalahnya adalah Hard Disk eksternal aku terbaca di devices, namun tidak muncul di Windows Explorer, otomatis isi file didalamnya juga tidak bisa di kopi. Setelah tanya sama mas google, akhirnya nemu solusinya. Ternyata:  masalahnya adalah si Hard Disk Eksternal tersebut belum punya nama di Windows explorer di komputer kanjeng mami alias masalah ‘drive letter’. O la la, ternyata WD Passport ku harus kulonuwon dulu dan nyebutin nama ke Laptop kanjeng mami. Wkwkwkkw

Solusinya adalah:

  1. Colok hard disk eksternal ke laptop
  2. Klik Kanan This PC or My Computer or Computer, lalu pilih Manage
  3. Pada menu storage, klik disk management, dan akan muncul daftar disk yang sudah ada nama dan belum ada namanya.
  4. Pilih hard disk ekternal, klik kanan kemudian pilih Change Drive Letter and Drive, akan ada pilihan G, dan kemudian otomatis nama si hard disk eksternal berubah jadi G, dan bim salabim, muncul deh tuh hard disk di windows explorer. Nih tampilannya kayak gini nih.

img_20170127_194513

 Yes, akhirnya isi hard disk eksternal sudah bisa di baca di windows explorer di lappie kanjeng mami.
Semoga bermanfaat yaak
-daniwulan-
