Summer Break Stories

Assalamualaikum…

Udah hampir dua bulan liburan, dan masih ada sebulan 3 minggu lagi waktu liburan buat halan-halan Alhamdulillah. Sekedar sharing beberapa pengalaman penting ga penting selama di Australia:

  • Membeli Kacamata Murah di Melbourne.

Sebagai student bermata empat (plus lensa maksudnya), tentunya butuh kacamata. Nah, kecenderungan harga-harga barang di Australia mahal, makanya bagi student yang lagi butuh kaca mata dan ga bawa spare kaca mata dari Indonesia bisa membeli di Aussie dengan harga yang relative sama dengan harga di Indonesia. SPECSAVERS nama toko optik di Australia, sering memberikan promo-promo kaca mata dan ada juga diskon untuk student. Namun dari berbagai promo, promo yang pernah aku manfaatkan adalah membeli kacamata seharga AUD39 saja kawans, kalau dirupiahkan sekitar 390,000 dengan rate 1AUD=10,000. Aku memanfaatkan promo ini sekitar Bulan Februari 2016. Nah tahun ini ceritanya pengen kaca mata baru (kali dengan kaca mata baru bisa ngelihat pak jodoh dengan lebih jelas, wkwkwkwk). Akhirnya aku ngecek mata lagi di Monash Eye Centre yang ada di Clayton Campus, dengan optician yang sama, Pak.Jeffrey. Aku pikir minusku bakalan nambah karena kaca mata yang lama udah ga nyaman di pakai, eh tapi ternyata Pak.Jeffrey bilang minus mata ku masih sama seperti tahun lalu. (hahhaha, ketahuan minta resep baru cuma mau beli kaca mata baru). Setelh dapat resep yang baru, aku lagi-lagi memanfaatkan promo dari SPECSAVERS dengan membeli kacamata seharga AUD39 sudah komplit (Frame+Lensa Single Vission + Anti gores). Tapi kaca mata baru kelarnya dua minggu lagi.

  • Pengalaman belanja dengan harga cukup murah

The Reject Shop adalah andalanku, jadi kebutuhan seperti shampo, sabun, bahkan racun rumput, vas bunga, sabun cuci piring, pewangi ruangan bisa aku dapatin dengan harga yang lebih murah ketimbang toko lain di Australia seperti: Coles, Kmart, Aldi. Kalau untuk pakaian baru yang murah bisa ngecek di Kmart, harga produk Kmart lebih murah dari Target. Toko-toko ini semuanya bisa di temukan di Chadstone (Chaddy) Shopping Centre di Malvern East, deket banget sama kampusku. Pengalaman belanja lainnya adalah belanja Online. Kali ini ceritanya pengen belajar pakai eyeliner dan pengen beli lipstik baru. Jadilah order eyeliner dan lipstik yang matte dari sephora online dan ternyata ada student diskon. Produk yang aku cari2 di outlet Sephora dan pegawainya bilang ga ada malah aku temuin di Sephora online, ditambah lagi: belanja dengan batas tertentu mendapat fasilitas pengiriman  gratis. Pengalaman yang lain adalah saat menerima paket, kebetulan ga ada orang di rumah, karena kita lagi ngadem di Chaddy akibat kepanasan. Nah ternyata pengiriman dengan courier please ada redelivery option-nya.

  • Pengalaman Pas Foto dengan harga termahal yang pernah aku alami

Jadi aku kehabisan stok pas foto (sebenernya pas berangkat ke Melbie sih bawa banyak pas foto), tapi tetiba aku lupa di mana nyimpen tuh buntelan pas foto. Udah ngebongkar tempat penyimpanan masih aja belum nemu. Akhirnya la ya, mau ga mau, karena aku butuh banget sama pas foto, aku manfaatin fasilitas pas foto di Australian Post, dan biayanya AUD20 (dapat 6 foto ukuran paspor plus softcopy yang dikirim via email). Mahaaal, inget kalau di Binje, Rp30,000 udah dapet banyak foto yang di cetak plus dapat CD untuk file foto yang raw dan yang udah di edit sama abang tukang foto-nya.

  • Habis manis sepah dibuang

Kalau punya niat, niatlah yang baik, jangan habis manis sepah dibuang. Jadi ceritanya aku niat pengen punya hape baru, terus aku mikir nih android lama mau aku kemanain yaak, apa aku simpen aja di laci sampe tar waktu mudik terus aku tinggalin di rumah indo. Eeeh, masih niat beli hape, nih android ngambek, kali dia kalau bisa mikir, mikirnya “habis manis sepah dibuang”. Jadi abis aku berenang, buntelan pakaian renang aku masukin plastik dan aku masukin tas, eh ndilalah e, nih tas plastiknya tiba-tiba bocor, dan tau kan hape android kena air dunk. Terus pas mau aku charge, eh kedip2 doang, ga ada kelanjutannya. Arrrghhh. Padahal SIM Indo ku masih di android lama. Bakalan mati suri dunk nomor indo ku. Tapi ada untungnya juga sih, dengan non aktif sampai ga tau kapan, penelepon misterius ga bakal nelponin lagi. Sereeem, ga pernah aku jawab juga masih calling. Hikmahnya, pisahkan buntelan pakaian basah setelah renang di tas tersendiri, jauhkan dari barang2 elektronik!!

  • Cerita Lipstik

Siapa sih cewek yang ga suka lipstik? Dari awal pake lipstik merek yang aku pake ga pindah2 dari Wardah atau Revlon, dan jenisnya selalu glossy. Tapi sekarang lagi demen banget sama tipe yang matte, karena lebih awet di bibir dan meski matte, bibir ga jadi kering. Nah jadi ceritanya aku beli lipstik baru. Namanya The Balm Mini Matte Hughes . Set Lipstik ini terdiri atas 6 lipstik ukuran mini dengan 6 warna berbeda. Aku suka sensasi mint-nya, kayak makan coklat Haighs yang rasa mint. Ada sensasi semriwing semriwing pas di poles ke bibir. Nah dari enam warna tersebut, yang aku suka adalah warna committed. Kemasan lipstik ini lucu, vintage2 gitu deh gambarnya. Warna lainnya belum aku pake sih, mungkin nanti kalau udah abis yang committed, atau kalau lipstik matte yang bodyshop abis. Nah kalau lipstik bodyshop ini aku juga suka karena ada wangi sirup berry pas di poles ke bibir, warna nya juga pink manis memberi kesan girly banget.

  • Once Again

Keep silent doesn’t mean forgetting. My voice couldn’t come to you who are far away. See you when I see you, soon, then we can share our stories during this break time. Insya Allah. aamiin. 난 당신이 그리워요.

  • Travel Planner

Katanya “merencanakan perjalanan lebih seru dari perjalanan itu sendiri”.

  • Surat Elektronik a.k.a E-Mail

Udah seminggu ini tidurku ga nyenyak, gegara menanti email tentang suatu keputusan. Email ini akan menjadi jalan pembuka langkah kaki berikutnya, semoga ya email yang aku terima nantinya berisi jawaban yang di harapkan.

  • Cerita Visa

Visa yang dimaksud adalah ijin masuk ke suatu negara ya, seperti ini penjelasannya “an endorsement made by an authorized representative of one country upon a passport issued by another, permitting the passport holder entry into or transit through the country making the endorsement”. Visa ini bisa dalam bentuk elektronik maupun bentuk fisik yang di tempel di passport. Nah cerita ini terinspirasi dari rencana Juli soibku, dia ngajakin ke Turki, tapi sayang waktu yang dia bisa ga cocok sama jadwal kuliahku. Terus aku iseng2 aja apply e-visa via web nya turki . Eh pas masukin data ku, aku eligible buat exempt from visa. Nih hasil screen shootnya. screen-shot-2017-01-16-at-11-09-42-am

Yesss, semoga yaa nanti bisa ke Turki lihat Blue Mosque. Aaamiin

  • Student Mencari Discount :

Enaknya jadi student di Australia adalah banyaknya toko yang memberikan student discount. Contohnya: ASOS, nah student berhak atas discount 10%, Optus: juga 10% (Provider yang jadi favorit karena memberikan 300 menit gratis nelpon ke beberapa negara termasuk Indonesia), Sephora (10% juga), Apple (untuk produk tertentu seperti Macbook atau ipad juga dapat harga khusus student). Menjadi student itu menyenangkan …  😀

  • Menulis Ulasan demi mendapatkan tambahan Garuda Miles :

Nah ini nih kesibukan aku sekarang, karena lagi ga jalan-jalan, maka nulis ulasan di Trip Advisor demi mendapat reward Miles dari garuda Indonesia.

  • Penutup Summer Break Holiday

“Once you have traveled, the voyage never ends, but is played out over and over again in the quietest chambers. The mind can never break off from the journey.” (pat conroy). Jadi ceritanya selama seminggu terakhir di summer break holiday aku rihlah ke Queensland. Jalan-jalan ini another my impulsive trip, dan tanpa persiapan. Aku hanya ingin jalan-jalan, dan berhubung ada bella yang kuliah di QUT akhirnya aku memutuskan untuk jalan-jalan ke negara bagian Queensland. Akhir summer break yang menyenangkan. Nantikan cerita detilnya tentang Brisbane trip yaaak.

-daniwulan-

