An Impulsive Traveler

Assalamualaikum…

Chapter One: Public Transport Victoria

Beruntungnya aku tinggal di negara bagian Victoria yang memiliki fasilitas transportasi umum yang patut di ancungi dua jempol. Victoria memiliki tiga jenis moda transportasi, yaitu train, tram, dan bus, dan jika di perinci lagi Network maps terdiri dari:

  1. Melbourne metropolitan train network
  2. Melbourne metropolitan tram network
  3. Melbourne CBD Free Tram Zone
  4. Melbourne metropolitan bus network
  5. Melbourne SmartBus network
  6. Regional Victoria train and coach network

Tarif yang dikenakan di tahun 2016 ini adalah : $7.80 untuk weekdays daily cap, dan $6 untuk weekend daily cap. Daily cap ini maksudnya seharian kita kemana-kemana naik berbagai moda transportasi cuma dikenakan sebesar tarif tersebut. Jadi kalau udah niat mo jalan, ya mending jalan seharian aja, dari pagi ampe malem, dari kaki kuat ampe kaki pegel, hahahhaa (Ga mau Rugi, dasar anak akuntansi). Untuk lebih detil tentang tarif bisa di cek di web PTV dan kalau mau cek lebih detil tentang Network Maps bisa di cek juga di web PTV.

Chapter Two. An Impulsive Traveller

Bisa di bilang, terkadang aku impulsive, mengambil keputusan tiba-tiba aja. Nah jadi ceritanya aku tuh pengeen nelusuri setiap jalur train metro(Melbourne Metropolitan Train Networkdan menjelajahi kota-kota tujuan akhir setiap jalur. Nah ini nih screen shoot nya

screen-shot-2016-12-14-at-4-29-09-pmNah, Clayton itu berada di jalur Pakenham, dan aku belum pernah tuh sampai ke ujungnya alias sampai ke Pakenham. Yang udah pernah aku datangi sampai ujungnya adalah Lilydale dan Williamstown. Jadi kan kemarin aku, dan dua temanku mengunjungi kota Williamstown, ini yang kedua kalinya bagiku ke Williamstown, yang pertama bisa di baca disini. Nah kali ini juga ngikuti jalur yang sama dengan yang lalu, hanya jalur baliknya aja yang beda. Nih jalur yang kami ikuti:

screen-shot-2016-12-14-at-3-45-34-pm

Jadi kita turun di Williamstown Beach Station, terus jalan kaki sepanjang jalur esplanade dan kembalinya melalui Thompson Street ke arah Williamstown Station.

Nah Jalur Lilydale aku datangi saat ke Olinda melihat Tesselar Tullip Festival, aku suka nih jalurnya dengan view pegunungan Dandenong Range.

Kemudian, setelah kita balik dari Williamstown, tresya pengen makan di Sofia, satu resto yang terletak di Camberwell dan Camberwell ini berada di jalur Lilydale dan Belgrave. Berhubung aku udah pernah ke Lilydale, jadilah aku usulin aja kita ke Belgrave, baru saat kembalinya baru kita makan sore (atau malam yak, udah jam 7 an sih, tapi masih terang benderang) di Sofia. Ini nih makan ini di Sofia…

6f3a741a-2ff0-4209-bc23-b35f3101bd4841d8eea1-18ff-46bf-92b5-834cbec96a2f
Jadilah aku dan teman-teman ngebolang sepanjang hari dari Williamstown sampai ke Belgrave, dan malamnya nikmati pertunjukan light show di Melbourne Town Hall dan lihat bubble light di fedeation square. Nyampe rumah udah hampir jam sebelas, tenaaang, nyampe rumah masih baru masuk waktu Isya, jadi belom larut kok.

Ini nih bukti aku udah sampai Belgrave, tapi tar mau ke sini lagi, pengen naik puffing billy kalau ada temen yang mau nemenin, (ga seru kalau sendirian, tar ga ada yang motoin). Nah masih banyak lagi nih yang mau aku datangi kota-kota ujungnya, yaitu Sandringham, Pakenham, Werribee, Frankston dan daerah-daerah di utara Melbourne. Hayooo sapa lagi yang mau ngebolang bareng aku, syaratnya cuma satu: kuat jalan kaki dan mau fotoin aku…

 

 

Nah si impulsive traveller ini bakal punya kisah-kisah selanjutnya looh, tungguin cerita ku berikutnya yaaak…

-daniwulan-

 

Advertisements