Seniman Kopi


Kopi…ya minuman ini sangat populer. Melburnian memiliki kebiasaan meminum kopi dengan frekuensi yang tinggi. Di kampus juga banyak students dan staf yang wara-wiri mesen kopi di cafe campus. Aku suka aroma kopi meski aku bukan pecinta kopi. Padahal duluuuu banget masa aku kecil mungkin sekitar 6-8 tahun aku adiktif kopi. Bahkan pernah aku putusan puasa Ramadhan gara-gara ga kuat kecapekan lari-lari ama kawan-kawan, dan pas disuruh buka, yang pertama aku minum langsung kopi dan mata langsung melek, lemesnya ilaang. Paraaah, kecil-kecil udah adiktif kopi. Ga tahu kenapa kebiasaan ini hilang sejak aku usia 9-10 tahun.

Keluarga ku pecinta kopi, kakek dan nenek harus minum kopi setiap hari, dosisnya kayak minum obat. Tapi kakek udah ngurangi minum kopi sih, sekarang dia minum susu bendera. Ibu dan bapak juga pecinta kopi, tapi mereka ga mau kalau aku yang bikinan kopi, katanya kurang enak. Hal yang paling aku suka adalah saat ke pasar bareng ibu dan pergi ke toko kopi, aku suka aroma biji kopi yang baru di sangrai lalu digiling jadi bubuk kopi. Wangiiiii banget.

Sekarang aku mau belajar mencintai kopi lagi seperti waktu kecil.  Ibuku ketawa-ketawa waktu aku cerita tentang niat ku belajar tentang meracik kopi dan mungkin menjadi seorang seniman kopi. Tapi ga apalah, toh kalau ibu izin dan mendukung, segala niat dan rencanaku berjalan lancar. Mungkin suatu hari nanti aku bisa punya Cafe kecil jualan kopi. Aku yang terkadang impulsive…..

 

10 December 2016

Espresso

images

Induk dari aneka jenis minuman kopi ini, asal katanya dari bahasa Italia yang berarti express atau “cepat” karena dibuat untuk disajikan dengan segera kepada pelanggan. Espresso merupakan minuman yang dihasilkan dengan mengekstraksi biji kopi yang sudah digiling dengan menyemburkan air panas di bawah tekanan tinggi.

Di dalam espresso terdapat lebih dari enam ratus komponen zat kimia termasuk diantaranya gula, kafein, protein, emulsi dari minyak kopi, kafein, dan partikel kopi dalam suspensi denga gelembung gas kecil.

Pada setiap espresso terdapat suatu komponen yang disebut crema yang merupakan busa keemasan yang terdiri dari minyak, protein dan gula yang mengambang di permukaan. Secara teknis, espresso diperoleh ketika 45 ml air disemburkan melewati 7 hingga 9 gr kopi bubuk pada  temperatur 90 °C dengan tekanan 9 atmosfer. (wikipedia).

Jadi mari belajar membuat espresso…


 

11 December 2016
Filosofi Kopi

“Walau tak ada yang sempurna, hidup ini indah begini adanya” | “dalam diam mu aku mendengar banyak suara; diam mu berkata-kata” -Dewi “dee” Lestari-

 

21 December 2016

Frothing Milk

This is the most important part that I must able to do it. It is not easy and I have to practice it. Jadi kan, harga mesin barista tuh mahal, yang termurah 5000 dollar (gleek, mahaal yaak). Nah karena itu aku coba cari-cari alternatif (emang obat doank yang ada alternatif, insting student buseco, there are many ways to rome)  nah ketemulah kalau French Press bisa dijadikan alat buat nge-frothing milk di rumah, terus ada juga bamix handled blender, tapi bamix ini mahaal, 250 an dollar. Nah kalau French Press nya udah beli di Kmart, nyoba yang biasa aja, cuma 9 dollar terus juga udah beli jug milk nya juga. Siaaap praktik di rumah deeh, ntar punya kebiasaan baru : ngopi di pagi hari (asal ga kembali jadi pecandu kopi kayak masih anak-anak dulu). Hari ini aja kebanyakan minum kopi , jadi nyobain setiap gelas yang aku bikin sendiri, akibatnya perutku nyanyi…hahhaha.

 

 

-daniwulan | belajar mencintai kopi-

