Kontemplasi | Dosa yang sering diremehkan

Assalamu’alaikum

Dear readers, hari ini dapat pengetahuan baru tentang dosa yang sering di remehkan, yang di sampaikan oleh ustadz Zulkifli dari Padang. Acara ini diadakan di Mushola Westall, dana dalam kesempatan ini, Beliau menjelaskan tentang:

  1. Manan : yaitu menceritakan kebaikan diri sendiri. Jadi manan ini sering banget diremehkan, karena secara umum, seseorang akan menceritakan apa-apa saja yang telah dilakukannya jika “dipancing” oleh orang lain. Contohnya: Seseorang yang memiliki wajah berseri-seri yang mungkin karena rajin beribadah, maka orang tersebut bisa menceritakan amalan-amalan yang diperbuatnya saat di tanya rahasia wajahnya yang berseri-seri tersebut. Nah perbuatan ini dapat menggugurkan amalan-amalan yang telah diperbuat. Perbedaan dengan riya adalah, kalau riya ialah melakukan sesuatu dengan tujuan mendapat pujian dari orang lain. Cara menghindari manan= hanya menceritakan teknis atau cara nya saja tanpa membocorkan amalan-amalan yang telah diperbuat. Jika didesak oleh orang lain, jawabannya: Karunia dari Allah SWT, alhamdulillah.
  2. Memutus tali silaturahim (menganggap biasa untuk tidak bertegur sapa dengan saudara satu rahim dan saudara satu iman). Resiko yang ditanggung oleh orang yang memutus tali silaturahim: a. Amalan selama masih putus tali silaturahim tidak sampai kepada Allah SWT; b. Rahmat Allah SWT diputus atau ditahan yang berarti menerima laknat Allah SWT; c. Dimanapun orang yang memutus tali silaturahim berada, maka Allah SWT menahan rahmatNYA untuk dirinya dan orang-orang di sekitarnya. Cara mengatasinya: perbaiki hubungan atau tali silaturahim, menolak keburukan dengan kebaikan

Kesimpulan nya, dengan menjadi umat yang patuh pada ALLAH SWT maka akan menjadi ahli surga. Perbaiki diri sebagai catatan untukku.

be continued…

Advertisements