Thrift Stores

 

 

Assalamu’alaikum

Secara umum, Melburnian memang tidak mengenal gengsi, dibuktikan dengan banyaknya toko barang bekas atau thrift stores di seantero Melbourne, yang terkenal adalah Savers dan Salvos. Jadi konsep kedua toko ini adalah menerima barang-barang donasi yang kemudian disortir barang-barang yang masih layak pakai untuk kemudian dijual kembali dengan harga murah dan nantinya hasil penjualan juga untuk donasi. Konsep yang bagus yaak.  Jadi Melburnian menerapkan konsep untuk tidak membuang limbah dan lebih memilih mendonasikannya. Meskipun barang bekas, namun kualitas barang-barangnya rata-rata masih bagus, bahkan kalau kita jeli pas milih, kita bisa dapat barang bagus bermerek dengan kualitas masih oke.

Produk yang di tawarkan di sini beraneka ragam, dari barang pecah belah, sepatu, buku, mainan anak-anak sampai apparel. Hari yang jadi favorit buat belanja di Savers adalah hari  Minggu, sebab student dapat diskon 20%. Sampai hari ini aku udah beli beberapa sweater dari Savers dan kepake banget pas cuaca yang gak terlalu dingin dan gak terlalu panas.

Selain kedua toko tersebut, juga ada yang namanya Vinnies dan juga Sunday Market di daerah Camberwell. Jadi di Sunday Market ini si pemilik barang yang langsung jualan ke pembeli dan harganya jauuuuh lebih murah dari Salvos atau Savers, apalagi pas saat sunday market udah mendekati jam tutup, harga bisa di diskon sampe jadi hanya sedollar atau dua dollar.

Savers yang aku suka kunjungi adalah Savers di Sydney Road Brunswick, jadi pas turun di stasiun Melbourne Central, langsung ambil jalan keluar menuju Elizabeth Street, lalu naik Tram tujuan North Coburg, tram nomor 19 dan turun di stop 21 Brunswick Town Hall. Di sepanjang Sydney Road juga banyak toko-toko lain yang menjual barang second hand.

 

daniwulan yang sedang menikmati masa liburan musim panas

Advertisements