Penutup midbreak holiday

Assalamualaikum…

30 September adalah hari terakhir liburan tengah semester kedua tahun 2016, dan sebagai penutup liburan, aku, evi, mas isan, mas windu, jalan-jalan ke dua tempat yaitu Williamstown dan Port Melbourne pada hari Sabtu 01 Oktober 2016.

Williamstown – Kota Tua yang penuh sejarah

williamstwon

Williamstown ini lokasinya di muara sungai Yarra yang menuju ke teluk Hobson and Pelabuhan Phillip, di sebelah barat daya kota Melbourne (see map above). Williamstown ini adalah pelabuhan pertama kota Melbourne. Dari Clayton, kita berangkat naik bis 900 tujuan Caulfield sekitar pukul 09.16 dan cuaca di Clayton saat itu gerimis mengundang.  Sesampainya di Caulfield station, kita berempat naik train metro tujuan city dan turun di Southern Cross, lalu kita naik train lagi tujuan Weribee dan turun di station NewPort, kemudian di lanjut dengan train lagi ke arah Williamstown dan kita turun di stasiun Williamstown Beach.

Mas isan yang nyusun itinerary hari itu dan dia bawa kita berempat menyusuri jalur historic walking dari Williamstown Beach station menuju Williamstown station dengan scenery view yang bagus sepanjang perjalanan. Tempat yang kita lewati sepanjang walking path ini adalah:

1. Botanic Garden. Botanic gardennya ga begitu luas, tapi tatanannya bagus dan menarik. Berhubung sekarang masih awal musim semi, daun-daun nya masih ada yang belum hijau, tapi bunga-bunganya udah ada yang mekar. Kalo kata evi, susunan pohonnya seperti di Beverly Hills. Didalam taman ini terdapat patung A.T Clark, kata mas isan, dia tuh anggota parlemen victoria pertama yang jadi wakil kota Williamstown. Keluar dari botanical garden langsung berhadapan dengan pantai yang di fasilitasi dengan alat barbeque dan ruang terbuka hijau yang lumayan luas. Assriii deh lihatnya, mata jadi seger.
  2. Point Gellibrand dan Timeball Tower. Point Gellibrand ini adalah jalur sepanjang pantai untuk para pesepeda, pejalan kaki, dan mobil dengan suguhan pemandangan kota Melbourne (gedung-gedung tinggi di kejauhan). Terdapat juga taman bermain anak-anak yang sepiii banget, aku aja kepengen main ayuunan. Katanya tempat ini adalah tempat berlabuh pertama orang kulit putih dari Inggris sono. Di satu titik di jalur ini terdapat menara yang namanya Timeball Tower, nah lagi-lagi kata mas isan (ketahuan banget aku ga nyari info sebelum ke sini), Menara ini fungsinya untuk mengukur ketepatan waktu. Jadi para pelaut akan turun dari kapal saat berlabuh untuk kemudian menuju menara ini dan mencocokkan jam mereka agar navigasinya tepat.
  3. Gem Pier, Williamstown Perry. Nah kita makan siang disini, karena semuanya udah pada kelaperan. Kalau dilihat dari suasana di tempat ini sih, ini adalah pusat kotanya. Jadi di sekitar Gem Pier ini banyak pertokoan dengan bangunan-bangunan yang kuno. Terus ditempat ini banyak kapal-kapal kecil bersandar dan ada juga layanan ferry berbayar serta kapal perang yang bisa kita naiki (tapi bayar juga). Kita berempat makan siang disini, duduk-duduk didermaga, di bawah awan-awan putih kelabu, di kelilingi seagul dan di hadapan kita kapal-kapal dan pemandangan kota Melbourne di kejauhan. Berempat melepas penat di dermaga dengan pemandangan yang menakjubkan. Alhamdulillah. Maka nikmat Allah mana lagi yang kamu dustakan?
  4. Ice Cream Shoppe. Nah jalur kita pulang kan ke arah Williamstown station dan saat menuju kesana kita singgah ke toko eskrim yang punya tagline eskrim nomor satu se Melbourne, dan di depan tokonya mereka bilang kalau nih es krim dapat award. kereen ya. Harganya juga murah di kantong, dengan jenis cone Waffle dan satu Scoop eskrim seharga 4.5 AUD (masih utang sama evi, hahhaaa). Kita berempat pesen empat jenis ice cream yang beda-beda terus icip-icip deh…
  5. Williamstown Station, nah abis makan ice cream kita jalan kaki lagi menuju ke station tertua di Melbourne. Sepanjang jalan lihat gedung-gedung dengan arsitektur yang bagus, ada gereja tua, ada (lagi) ruang terbuka hijau. Pokoknya mata bener-bener dimanjain laaah.

Port Melbourne

port-melbourne

Setelah dari Williamstown, kita pergi ke Port Melbourne, dengan menggunakan train  metro dari Williamstown station ke newport, terus ganti kereta metro ke arah southern cross dan kemudian naik tram nomor 109 tujuan Port Melbourne dari stop yang di collins street.

Port Melbourne adalah salah satu suburb di kota Melbourne yang lokasinya sekitar 5 km ke arah barat daya (lihat peta di atas) dari Melbourne Central Business District (CBD). Selain jadi tempat publik, disini juga terdapat apartemen-apartemen. Nah kalao kita mau nyebrang ke Tasmania dengan menggunakan jasa Spirit of Tasmania, maka di port inilah kita akan memulai perjalanannya, sebab Port ini diutamakan untuk penumpang, sedangkan port untuk kargo ada di tempat yang lain ga jauh sih dari port penumpang.

nah, sekian cerita tentang akhir pekan di akhir midbreak semester kedua 2016. Akhir pekan yang manis semanis ice cream di Williamstown.