Week 9

Assalamualaikum…

Minggu ini adalah minggu kesembilan perkuliahan di Monash University dan materi semakin banyak untuk bahan ujian di bulan November nanti. Doakan saya ya readers, semoga Allah selalu memberikan kelancaran dan saya bisa melewati segala ujian dalam setiap tahapan dalam kehidupan saya. Aamiin. Hari ini ga ada kelas sih, jadinya hari ini kencan sama Imac såja di Matheson Library dengan menu hari ini adalah baca journal tentang derivative. Nah berhubung masa kuliah S1 dulu masih pake standard PSAK yang beda banget sama IFRS, makanya hal ini merupakan hal baru buatku, yaa walaupun pas kerja udah pernah denger dan baca tentang ini di laporan keuangan client, namun tetep aja aku ga ngulas lebih dalam tentang si derivative ini.

Jadi derivative adalah instrument keuangan yang merupakan kontrak atau perjanjian antara penjual dan pembeli. Hal ini dilakukan sebagai alat untuk memperkecil/meminimalkan resiko kerugian di masa mandatang. Contoh derivative: Forward Contract, biasanya ini antara exportir dengan Bank atau antara Importir dengan Bank. Jadi para eksportir dan importir kan berhubungan dengan resiko kerugian yang ditimbulkan dari fluktuasi mata uang asing. Contoh cara kerja forward contract misalnya: Eksportir menjual barang ke pembeli di overseas, nah si eksportir kan nantinya bakal nerima uang dalam mata uang si pembeli yang berbeda dengan mata uang si penjual. Nah forward contract ini, si penjual menjual ke BANK, dollar aussie yang bakal diterima dari pelanggannya dengan rate yang pasti. Jadi kålö di masa depån ada kerugian di pihak penjual karena fluktuasi rate, kerugiannya ga gede-gede banget, Karena udah punya perjanjian ama Bank dengan rate tetap. Semoga paham deh para readers. Bentuk lainnya adalah Swap, dan Options. Jadinya nambah ilmu lagi, yang semoga nantinya bermanfaat. Aamin.

Selanjutnya yang mau di bahas dan dipelajari adalah tentang substantive test buat unit Auditing and Assurance. Btw, substantive test yang dulu pernah aku lakukan saat kerja di salah satu dari empat besar kantor akutan publik adalah substantive test buat PPE alias plant, property and equipment, cash, account receivable, pokoke akun-akun yang ga terlalu riskan (makluuum, aku masih fresh graduated yang mulai karir jadi junior auditor). Aku rada-rada lemot kalo baca textbook auditing ini, sampe nanya sama yang selalu dapat nilai bagus di kuis online, gimana  caranya bisa fokus dan  cepet paham saat baca materi, dia biläng aku harus inget pengalaman saat jadi auditor. Udah aku praktekin pas baca hari minggu lalu, dan hasilnya tetep mentok di 8 dari 10 (padahal makananya empat sehat lima sempurna). Ya udahlah, seenggaknya bacaan minggu kemarin masih lengket sampe hari ini dan semoga pas exam nanti tinggal baca sekilas langsung ingat. Aamiin

Oh ya, hari Jumat di week ini due datenya tugas nulis essay buat Auditing, tugas group sih, jadi lumayan ga nguras pikiran, karna bisa dikerjakan bareng-bareng. Tugas yang juga bakål dikumpulin di week 10 adalah tugas kelompok tentang financial reporting issue dan Alhamdulillah tadi malem bagian yang harus aku kerjain udah kelar. Alhamdulillah ada yang mau bantuin ngajari step by step nyelesainnya, Makasih Ya…lupa bilang thank you semalem. Tapi ilmu yang di kasih udah aku bagi ke temen yang lain kok, jadi pahalanya nyambung terus. Alhamdulillah. Oh iya di week 10 nanti juga bakal ada presentasi dan aku belum ada kontribusi di slide yang mau di presentasiin. Besok deh aku bantuin km buat nyelesain slidenya yaak. (Kalo bilang aku bantu doa bakal di timpuk ga ya, hahaha)

Besok baru ada kelas untuk kuliah Business Valuation di pagi jam 9 dan dilanjut ama kelas auditing jam 2 siang. Besok mau jadi anak kuliah tanpa beban aaarhhh, maksudnya besok kagak mau bawa Lappie, mau pake tas cewek aja (sayaaaaang kan tasnya udah di beli di DFO pas diskonan dan belum di pake ke kampus).Oh iya karena ini week 9, minggu depan ada semester break dan kita mau ke Festival Tullip Tassellar (ticket udah di beli). Asyiiik semester break lihat bunga-bunga (kayak di filem-filem bollywood dan lagu bollywood yang lagi aku dengerin, hahaha).

Btw aku nulis blog ini karena tadi ngantuk banget, baca Journal 29 halaman bikin ngantuk dan dua gelas coklat panas ga membantu hilangin rasa kantuk, makanya curcol di blog. Oh iya satu lagi yang mau di curcol, si bapak protes anak perempuannya sekarang punya mata minus dan pake kaca mata. Pas aku kirimin ke mamak, foto lagi di kelas dan pake kaca mata si Bapak, pas line kemarin, langsung nasehati supaya sering minuut juice wortel, makan banyak sayur hijau dan ngurangi belajar malam (gimana ga minus pak, kencan terus sama lappie, macbook nya aja udah protes minta istirahat).

Udah ya readers, mau lanjut belajar lagi. Assalamualaikum.

-daniwulan- / Matheson Library, 03.58 pm, 20 September 2016, Tuesday

 

