Semester Kedua 2016

Assalamualaikum,

Apa kabar para pembaca setia blogku? semoga aku dan kalian semua selalu sehat dan diberikan yang terbaik dari Alloh SWT. aamiin

Empat minggu pertama di semester kedua sudah usai, mulai esok 22 Agustus 2016, sudah masuk minggu kelima, yang berarti tinggal 8 minggu tersisa menjelang ujian. Semester kedua ini aku ngambil empat unit yang semuanya adalah unit wajib dan ujiannya nanti dengan model “close book”. Jadi dari minggu pertama kuliah aku udah nyicil baca jurnal yang wajib di baca untuk setiap unit dan juga bakal diujiankan di final exam. Berdasarkan pengalaman semester pertama yang terlalu santai dan akhirnya kerepotan baca jurnal yang masuk di ujian unit Fraud and Forensic Accounting (pffuiih, untung dosennya baik hati ngasih nilai, jadi bisa dapat nilai yang sangat memuaskan, Alhamdulillah).

Empat unit yang aku ambil semester ini adalah, Auditing and Assurance, Business Valuation, Advanced Accounting dan Financial Reporting Issues. Nih aku ceritain pengalaman selama empat minggu di keempat unit tersebut.

  1. Auditing and Assurance

Aku kuliah untuk unit ini setiap hari Rabu jam 2 sampai jam 5. Jumlah mahasiswanya sekitar 50 orang (kurang lebih). Materi yang dipelajari seputar teori tentan bagaimana sorang auditor menjalankan tugasnya, jadi ngebahas setiap tahapan dalam auditing. Tugasnya lumayan bikin lumanyuuun  banyak, setiap minggunya ada kuis online dengan waktu 10 menit untuk jawab 10 soal pilihan berganda tentang materi yang AKAN DIPELAJARI DI MINGGU BERIKUTNYA. Soal ujiannya di ambil dari buku wajib, video yang di kasih setiap minggu dan jurnal wajib setiap minggu. (Pfffuiih). Jadi kebayang dong, seminggu belajarnya dua kali, satu untuk materi current week, satunya untuk materi next week buat quiz online. Nih quiz online ga bisa disambi dengan nyari jawaban di buku, kagak sempet boooo, jadi bener-bener harus baca materi sebelum ujian.

Tugas kedua Presentasi di depan kelas (ya iyalah, masa di tengah lapangan), presentasinya ada dua kali selama satu semester ini. Berhubung aku group dua yang maju di minggu keempat, jadilah tinggal nyisa satu kali lagi buat presentasi jurnal di minggu kedelapan nanti. Tugas ketiga adalah tugas individual, yaitu bikin semacam report sebanyak 750 kata tentang evaluasi suatu perusahaan (lagi ngerjain tugas ini sebenernya sebelum bosan dan ngabur di sini buat curcol) buat di kumpulin tanggal 07 september nanti. Tugas ketiga juga masih nyusun report tapi yang ketiga ini di kerjain sama kelompok dan harus di kumpul minggu kesembilan (juga di bulan september).

Aku suka sama unit ini, cobaa aja kalo metodenya belajaaar aja tanpa ada ujiaan (hmmm enak kali yaaak, tapi sapa yang mo bayarrrin, emangnya kursus gratis online tanpa sertifikat, hahhaha). Unit ini mengingatkan aku saat masa-masa muda dan berjaya lembur sampai jam empat pagi demi deadline nyusun kertas kerja buat setoran sama senior auditor. (wwwihhh, aku masih jadi junior auditor kala itu). Bonus di unit ini yang buat aku ga pengen ganti ke dosen lain saat masih ada kesempatan buat ganti jam kuliah adalah Dosennya Ganteng (hahhahaha…..)

2. Business Valuation

Aku kuliah unit ini setiap rabu jam 9 pagi. Dua minggu pertama aku bener-bener ga mudeng sama materi yang dikasih oleh dosennya. Gagal paham sama isi materinya yang hampir seluruhnya ngomongin tentang pasar saham dan uniknya di kelas, aku bukan student, tapi seorang analyst yang harus ngikuti perkembangan satu perusahaan di Australia untuk selanjuntnya di jadikan bahan tugas individual dan tugas kelompok. Jumlah student di satu kelompok ada 3 orang, dan untungnya satu student ngerti pasar saham karena dia juga merangkap jadi investor. Aku dan mas imam banyak di ajarin sama dia, meskipun kadang aku masih suka lelet dan ga nyambung. Tapi sejak ngulang pelajaran dan dengerin ulang seminar kuliah, aku jadi sedikit paham dan alhamdulillah tugas individu berupa report yang akan di kumpul di minggu ke 8 sudah 70% selesai. Tapi masih ada tugas kelompok dan tugas untuk presentasi.

Aku yang tadinya cuek tentang macro economy, Gross Domestic Product, Tingkat Inflasi dan Tingkat bunga, tetiba jadi ngerti sedikit tentang macro economy, pasar saham, bid-ask spread, analyst coverage, Porter’s Five Analysis. Lama-lama unit ini seru dan pasti bermanfaat banget, soalnya aku juga sebenernya pas belum kuliah juga minat buat belajar di pasar modal, namun baca buku kagak paham-paham. (memang harus ada ujian dan tugas baru bisa dipaksa buat paham).

3. Advanced Accounting

Unit ini adalah kelanjutan dari unit Financial Accounting yang aku ambil di semester pertama. Minggu pertama kuliah aku masuk hari Kamis jam 8 pagi, dapat doseen yang pinter dan ngomongnya cepet banget, sepanjang seminar kuliah, aku ga paham apa yang dia omongin. Besoknya aku masuk lagi ke kelas Jumat jam 8 pagi dan alhamdulillah dosennya baik, sabar banget dan detil banget kalo jelasij materi. Terus, kelasnya juga interaktif dan dosennya juga berusaha untuk ngingat nama studentsnya.

Aku suka kelas ini dan berkat quiz kelompok setiap pagi sebelum materi dimulai, aku jadi ingat pelajaran-pelajarannya tanpa harus memorizing. Belajar tentang agency theory, research di accounting, measurement, corporate governance dan lain-lain.Yang ga asyiik cuma tugasnya, disuruh bikin report sekitar 2000 kata yang harus dikumpul di minggu ketujuh (barengan sama tugas auditing, pffuiiihhh berat beban awaaak). Oh ya satu lagi yang seru dari kelas ini adalah kebiasan si dosen muter yutub di saat break 10 menit. Jadi refresh menjelang weekend.

4. Financial Reporting Issues

Unit terakhir yang jadwal masuk setiap kamis jam 2-5 sore. Aku ga gitu paham sama unit ini dan aku juga susah memahami cara pak dosen ngajarin materinya (angel di pahami toh). Tugasnya banyak, ada presentasi ada tugas kelompok dan harus baca jurnal yang panjang halamn jurnalnya ampuuun deh. Mana si bapak kalo di kelas rada galak, pake model ngabsen kayak zaman kuliah S1. Selasa nanti ada meeting sama temen satu kelompok buat bahan presentasi. Semoga unit ini bisa dengan mudah aku pahami di dua bulan yang tersisa. aamiin

Senanngya aku punya temen-temen Indonesia yang bisa berbagi tentang materi-materi yang ga aku pahami dan bisa belajar bareng pas masa exam nanti, kayak pas semester satu. Doa dan harapan di semester ini semoga aku lulus semua unit. Aamiin ya Alloh. Doanya lagi semoga liburan semester musim panas nanti bisa jalan-jalan ke selandia baru sama kawan-kawan. aamiin. Udah yaa, aku mo lanjut ngerjain tugas lagi.

Wasalamualaikum

-daniwulan at Melbourne-

21 Agustus 2016

Advertisements