Bye Week 12, Welcome SWOT Vac and Exam

Assalamualaikum…

30 May 2016, senin

Alhamdulillah, perkuliahan 12 minggu sudah usai, begitu juga dengan semua tugas-tugas seperti mid exam, nulis essay dan juga buat report. Beberapa assignment sudah dibagikan hasilnya untuk review dan tahu dimana kelemahan diri sehingga jadi perbaikan saat belajar untuk exam.

Hari ini jadi hari pertama di pekan SWOT Vac, kalau ngutip dari sini, SWOT Vac itu Study Without Teaching Vacation. Jadi ini minggu belajar mandiri untuk persiapan exam minggu depan. Jadwal ujianku tgl 08 Juni, 14 Juni (2 mata kuliah) dan 17 Juni. Sepekan ini aku harus revisi 4 pelajaran, terutama unit corporations law yang isinya tentang aturan hukum untuk perusahaan di Australia. Ujian nanti jenisnya ‘open book’ tapi tetep harus belajar untuk tahu gambaran di buku, tahu lecture notes dan tahu cara jawab soal. So far, aku baru revisi dan buat summary satu chapter dari beberapa chapter yang bakal di ujiankan.

Unit kedua, Taxation Law yang juga akan berjenis ‘open book’ dan berhubung selama perkuliahan udah 2 kali mid exam, aku jadi paham hampir 90% isi lecture notes dan tahu cara menjawab soal. Namun tetap harus revisi 2 chapter terakhir yang di exam nanti bobot nilainya sangat tinggi. Unit selanjutnya adalah Financial Accounting, unit ini akan diujiankan dengan jenis ‘close book’ dan artinya aku harus paham dan hapal jurnal-jurnal yang dipakai beserta logikanya. Rabu nanti bakal ada workshop untuk revisi keseluruhan unit oleh dosen utama. Unit terakhir adalah Forensic Accounting, aku suka banget sama isi pelajaran unit ini, karena aku belajar sesuatu yang baru berkaitan dengan teknik akuntasi terkait fraud.

Minggu depan juga jadi awal ramadhan, dan ini akan jadi pengalaman pertama berpuasa di negeri 4 musim. Australia saat ini menjelang masuk musim dingin, yang artinya porsi siang jadi lebih sedikit dan puasa juga lebih pendek dari waktu puasa di Indonesia. Menurut pendapatku, yang jadi tantangan menjalankan ibadah di sini adalah udara dingin, apalagi kalau tengah malam. Cuaca dingin jadi senjata para setan untuk menggoda manusia berselimut tetap nyaman dalam tempat hangat dan melupakan saat istimewa sepertiga malam untuk bermunajat kepada Allah SWT.

Godaan lain saat SWOT Vac adalah penundaan alias procrastination. Namun buatku kalau belajar di kampus lebih manjur daripada belajar di rumah. Aku suka belajar mandiri atau sama teman-teman di Graduate Student Hub, atau di Law Library ataupun di Caulfield Library. Yang paling asyik sih belajar di Caulfield Library dengan catatan harus datang pagi supaya dapat kursi dan komputer library dan keluar hanya saat jam sholat. Tempat sholat di Caulfield deket ama library, jadi aku suka belajar di sini. Belajar di Graduate Student Hub, harus bawa laptop yang artinya nambah beban dan jalan kakinya lumayan jauh kalau mau ke tempat sholat. Btw, laptop kesayangan aka macbookpro ku baru aja ganti charger baru setelah hampir 8 tahun dan harga chargernya mahaal, 129 dollar AUS. Satu tempat lagi yang aku suka untuk belajar adalah Law Library. Jadwal aku ke sini sih hari Rabu, karena abis kelas Taxation law sekitar jam 10 dan aku langsung ngacir ke Law Library. Lokasinya yang di depan menzies building dan ramai buat aku nyaman kalau mau pulang lewat magrib.

Penundaan lainnya adalah browsing, atau blogging kayak sekarang. Aku suka banget main ke blognya bawangijo yang suka cerita pengalaman travelling dia ke berbagai negara. Deuuh jadi pengen deh. Insya Allah, liburan semester dua nanti aku mau berkunjung ke  New Zealand, lihat negeri kiwi. Mulai lihat tiket promo….

Okeh deh, cukup sekian acara procrastination-nya, sekarang mau siap-siap mandi. Ada acara kumpul silaturahmi bareng anak-anak sesama penerima AAS angkatan January.. . Oh ya doakan ujian ku berjalan lancar yaaak, dan dapat nilai minimal PASS. Aamiin

-Clayton, 30 May 2016-

Advertisements