Perkuliahan di Monash University

Assalamualaikum…

Minggu, 06 Maret 2016.

Aku telah melewati satu minggu dari 12 minggu perkuliahan di semester satu tahun 2016 ini. Semester pertama ini aku daftar untuk empat unit mata kuliah, satu mata kuliah nilai kreditnya 12. Selama dua tahun mendatang aku wajib memenuhi 192 credit yang artinya aku harus mengambil 16 unit mata kuliah.

Empat mata kuliah yang aku ambil untuk semester pertama ini adalah: Financial Accounting (ACF5953), Forensic Accounting and Fraud Examination (ACF5120), Taxation Law (BTF5965) dan Corporations Law (BTF 5501).

Financial Accounting oleh Karen Lau, isi pelajarannya diantaranya tentang akuntansi keuangan, konsolidasi, harta tak berwujud, dan leasing/sewa-menyewa. Sistem perkuliahannya seminar atau lectural. Forensic Accounting oleh Martinis, isi pelajarannya tentang cara mendeteksi fraud dan pengaplikasiannya di organisasi. Taxation Law dan Corporations law, (Ken Devos, dan Tabatha Pettiitt, berurutan) tentang hukum pajak dan hukum perusahaan di Australia.

Model perkuliahan pasca sarjana di Monash di fokuskan ke belajar mandiri. Jadi di awal semester tepatnya sebelum minggu pertama dimulai, bahan perkuliahan seperti slide, topik yang akan dibahas, kemudian buku apa saja yang akan kita pakai sudah di upload di suatu sistem yang diberi nama MOODLE. Jadi mahasiswa tinggal akses dan baca untuk persiapan sebelum kelas dimulai. Tugas-tugas yang harus di kerjakan selama satu semester juga sudah dijabarkan dengan detil. Perkuliahan di Monash di dukung oleh fasilitas yang sangat oke, seperti ruang seminar/lectural yang baguss banget dengan alat-alat elektronik yang canggih. Oh ya, isi kuliah dosen juga direkam dan di upload, sehingga students bisa dengar dan review lagi di luar kelas.

Fasilitas untuk belajar mandiri juga oke, contohnya lounge khusus untuk mahasiswa postgraduate, perpustakaan yang lengkap dan komputer yang lumayan mencukupi buat yang ga bawa laptop ke kampus. Sekarang sih, aku bawa ipad mini 2 ke kampus, jadi baca modul lewat ipad, tar kalo mau buat tugas seperti assignment baru di laptop. Habisnya nih mac kesayangan baterainya udah mulai ga tahan lama, dan sayangnya udah ga ada di jual sparepart baterai, dan hari ini baru tahu kalo lampu keyboard nya ngulah. Mac kesayangan yang setia menemani yang dibeli dari hasil keringat selama jadi auditor di ernst and young.

Back to the topic, aku suka banget sama sistem perkuliahan di Monash University dan semoga hasil-hasil assignment dan hasil ujian ku nanti nilainya di atas Pass. Aaamiin.

Advertisements