Orientasi Kampus di Australia

Assalamualaikum…

Jadi hari ini, 27 February 2016 aku rapel tulisan banyak di blog karena minggu ini adalah minggu terakhir masa liburan sebelum masuk perkuliahan. Mulai minggu depan bakalan sibuk sama kegiatan kuliah yang banyak. Insya Allah bisa dilewati dengan nilai yang baiik. Aamiin. Doakan ya

Kali ini mau cerita tentang minggu 0 atau minggu orientasi, kalau di Indonesia minggu Ospek. Di kampusku, di Monash University, dan gak jauh beda dengan di kampus2 lain di Aussie (lihat postingan temen2 di path), minggu orientasi berlangsung sejak senin, tanggal 22 february s/d 26 Februay 2016. Jadi selama seminggu, mahasiswa baru diajak untuk mengenal kampus dan dibekali berbagai ilmu-ilmu seputar perkuliahan. Ilmu-ilmu ini kebanyakan sama dengan yang aku pelajari saat Pre Departure Training di Jakarta, dan saat program Introductory Academic Program 5 minggu sejak 04 January – 05 February 2016. Selain itu juga ada pameran-pameran dari berbagai klub atau organisasi yang dikelola oleh mahasiswa. Ada juga beberapa stand pameran dari Bank, Provider Telepon, dan juga ikatan mahasiswa setiap negara, kalau Indonesia, PPIA (Perhimpunan Pelajar Indonesia Australia).

Berbagai workshop di gelar selama minggu 0, tentang pemakaian EndNote, tentang cara menulis riset, cara presentasi, cara mencari jurnal dan memilih jurnal yang berkualitas, dan juga acara sosial seperti barbeque-an, jalan-jalan, konser musik, pembagian goodie bag dan souvenir di setiap stand. Pokoke seruu deh. Jadi ingat dulu pas kuliah S1 di ospek nya dengan cara pakai baju putih rok hitam terus kalung pete, jam jengkol. Semoga sekarang di Indonesia, masa orientasi nya ga kayak zaman aku dulu..

Jadi minggu depan aku udah mulai kuliah dan udah dikasih daftar bacaan untuk setiap unit. Setahun ini aku harus ambil 8 unit dengan masing-masing 4 unit per semester. Namun buku yang harus di baca tebel-tebel dan aku baru tahu kalau di Aussie sini, kita cuma boleh mengkopi buku sebanyak 10% nya saja, karena hal ini terkait hak cipta. Jadi ingat tumpukan fotokopian buku di rumah….Jadi masa kuliah semester satu ini cuma 12 Minggu dan minggu depan, tanggal 29 February adalah minggu 1.

Semangaat Belajar..

daniwulan, Clayton, 27 February 2016

Advertisements