Prosedur Perpanjangan Paspor di KANTOR IMIGRASI (KANIM) KELAS I MEDAN melalui Pendaftaran Online

Assalamualaikum…

Paspor hijau saya sudah berakhir masa berlaku pada Februari 2015, niat awal sih mau mengganti ke paspor elektronik (supaya bisa ke jepang dengan fasilitas bebas visa) di Kanim Jaksel saat pre departure training, namun berhubung saya ga rela bolos dari kelas dan ketinggalan pelajaran, maka penggantian paspor di Kanim Jaksel pun batal. Setelah usai PDT, saya memutuskan untuk mengganti paspor yang sudah habis masa berlaku di Kanim Medan. Nah kali ini saya mau cerita pengalaman saat melakukan penggantian paspor hijau 48 halaman karena habis masa berlaku di Kanim Kelas I Medan (Jl. Gatot Subroto Medan) melalui prosedur pendaftaran online.

  1. Masuk ke situs imigrasi medan kemudian pilihlah Layanan Publik -> Paspor Online, setelah kita mengklik pilihan tersebut, maka kita akan di bawa ke halaman lain yang merupakan menu utama, selanjutnya kita pilih (Klik) Pra Permohonan Personal. Pada saat saya mengakses alamat tersebut dengan browser Mozzila Firefox, saya mengalami kesulitan dan web tersebut tidak dapat di akses, namun sangat lancar jika saya menggunakan browser Google Chrome maupun Safari.

Screen shot 2015-11-11 at 8.28.08 PM

  1. Selanjutnya kita akan di bawa masuk ke halaman formulir isian. Isi data-data kita sesuai dengan dokumen yang kita miliki, seperti KTP, Akta Kelahiran, Kartu Keluarga. Tanda * (bintang) menunjukkan bahwa data tersebut wajib diisi.

Screen shot 2015-11-11 at 8.46.37 PM

  1. Setelah semua data-data diisi lengkap maka klik lanjut dan kita akan di bawa ke formulir isian tahap kedua.
  1. Setelah semua data diisi dan dilengkapi, kembali tekan Lanjut. Selesai sudah pengisian data-data.
  1. Setelah menekan tulisan Lanjut, anda akan disarankan membuka email dan memperoleh BUKTI PENGANTAR KE BANK. Cetak Bukti Pengantar ke Bank tersebut dan bawalah ke Bank BNI, dan lakukan pembayaran uang pembuatan paspor sebanyak Rp.355. 000 + Rp.5.000 untuk administrasi bank, jadi totalnya adalah Rp.360.000. Bank akan memberikan tanda terima pembayaran (kuitansi) sebanyak 3 lembar (2 warna merah dan satu warna putih)
  1. Setelah selesai membayar, anda periksa kembali email anda dan selanjutnya anda diharapkan untuk memilih tanggal kedatangan anda ke Kantor Imigrasi tempat anda akan mengurus pembuatan paspor dan jam yang ditawarkan adalah jam 08 . 00 – 14. 00. Cetak Tanda Terima Permohonan dan Formulir yang ada di attachment di email kedua yang anda terima dari imigrasi.
  1. Setelah semua prosedur dilakukan, anda tinggal datang ke kantor imigrasi dan INGAT untuk membawa hard copy dari BUKTI PENGANTAR BANK (lampiran dalam email pertama) plus tanda terima pembayaran (kuitansi) dari Bank, TANDA TERIMA PERMOHONAN PASPOR dan FORM IDENTITAS DIRI (lampiran dalam email kedua). Bawa juga dokumen-dokumen asli anda seperti: Kartu Keluarga, KTP, Akte Kelahiran atau Ijazah atau Surat Nikah, dan Paspor Asli yang akan diganti. Persiapkan juga fotokopi untuk masing-masing dokumen. Ingat untuk melakukan fotokopi dalam kertas A4 dan tidak di potong untuk dokumen yang kecil seperti KTP dan Paspor (harus dalam kertas A4).
  1. Datang ke Kantor Imigrasi Medan Kelas I (Kanim I) sesuai dengan tanggal yang telah kita pilih. Lebih baik datang pagi karena ada kuota antrian dalam sehari. Tempat pengurusan paspor ada di bagian gedung sebelah kanan. Akan ada barisan tempat mengambil nomor antrian. Langsung katakana kepada petugas bahwa kita pendaftar online, ini sangat penting karena antrian ONLINE berbeda dengan antrian pendaftar manual. Setelah mendapatkan nomor antrian online, maka tunggu saja di ruang tunggu. Antrian Online di mulai tepat pukul 08.00 di dekat pintu masuk dan letaknya di sebelah kiri dari pintu masuk. Pengalaman saya tiba pukul 07.15 mendapat nomor antrian OL-05 dan dipanggil pada pukul 08.10.
  1. Setelah dipanggil, maka serahkan berkas-berkas kita kepada petugas pengecekan. Petugas melakukan pencocokan antara dokumen yang satu dengan yang lainnya berupa Nama, Tempat tanggal lahir, Nama kedua orang tua dan Nomor KTP. Petugas juga akan mengecek kuitansi pembayaran dari bank. Setelah prosedur pengecekan beres, maka dokumen-dokumen fotokopi, bukti pengantar ke bank dan kuitansi pembayaran dari bank, tanda terima permohonan paspor dan Form identitas diri, beserta paspor asli yang akan diganti, akan diserahkan kembali ke kita di dalam map putih (Isi di atas Map Putih: Nama, Alamat dan Nomor Handphone) yang disediakan oleh imigrasi yang telah di lampiri nomor antrian untuk wawancara dan pengambilan sidik jari dan foto. Nomor antrian pendaftar online memiliki kode 3. Saat itu saya mendapat nomor antrian 3-004. Tunggu hingga di nomor kita di panggil dan di layar OSS (one stop service) muncul nomor antrian kita. Pengalaman saya sih nunggu hanya 10 menit.
  1. Setelah dipanggil, masuk ke dalam loket yang telah ditentukan dan akan ditanya hal-hal seperti Keperluan ke luar negeri, konfirmasi identitas seperti tempat dan tanggal lahir, alamat, pekerjaan, nama orang tua. Kemudian kita di foto dan di ambil sidik jari. Setelah selesai petugas akan memberikan kuitansi lembar kedua (putih) dan lembar ketiga (merah) beserta bukti pengantar ke bank untuk pengambilan paspor. Pengalaman saya saat proses wawancara dan foto memakan waktu 15 menit. Setelah semua urusan selesa, maka hanya tinggal menunggu sms dari imigrasi yang mengabarkan bahwa paspor telah selesai.

11. akan di update setelah nerima paspor baru

12. updated: paspor udah jadi, halaman-halaman tempat stempel visa bagus bangeet, penuh dengan gambar2 khas Indonesia.

untuk lebih jelasnya bisa baca di imigrasi

Binjai

-daniwulan-

Advertisements