Frequent Flyer

Assalamualaikum…

IMG_20151111_185021

Jika kamu penggemar travelling, kemungkinan besar kamu tertarik untuk menjadi anggota program frequent flyer salah satu maskapai penerbangan. Aku sih jadi anggota frequent flyer Garuda Indonesia sejak tahun 2009. Awalnya sih ga ada niat untuk jadi anggota juga sih, soalnya juga waktu itu ga paham apa frequent flyer, namun saat aku masih kerja di kantor lama ,  kan sering banget dinas ke luar kota dan nasib mujur di bayari kantor ya naik Garuda laah, dan tiba-tiba aja di telpon kantor garuda jakarta dan ditawari jadi anggota frequent flyer. Oke deeh, aku mau aja, kan gratis dan itung-itung buat nambah koleksi isi dompet.

Back to topic. Nah jadi maskapai penerbangan dunia tuh ada beberapa grup. Tiga grup yang terbesar adalah : 1. Star Alliance 2. One World dan 3. Sky Team . “Sebuah aliansi maskapai penerbangan merupakan perjanjian antara dua atau lebih maskapai penerbangan untuk bekerja sama dalam tingkatan yang substansial. Tiga aliansi maskapai penerbangan penumpang terbesar adalah Star Alliance, SkyTeam and Oneworld. Aliansi juga terbentuk antara maskapai penerbangan kargo, seperti WOW Alliance, SkyTeam Cargo dan ANA/UPS Alliance. Aliansi menyediakan jaringan kesinambungan dan kemudahan bagi penumpang dan paket internasional. Aliansi juga menyediakan kemudahan pemasaran merek yang memudahkan penumpang melakukan penerbangan codeshare antar maskapai antar negara. Pemasaran merek ini juga meliputi pemasangan corak bersama antar maskapai anggota” (Wikipedia: 2015)

Star Alliance , anggota grup ini terdiri dari 28 maskapai termasuk: Singapore Airline, Aegea Airline, Air Canada, dll.

One World ,  anggota grup ini terdiri dari 17 maskapai termasuk: Qantas Airline, Cathay Airline, Malaysian Airline, dll.

Sky Team , anggota grup ini terdiri dari 20 maskapai termasuk: Garuda Indonesia, KLM Airline, Air France, dll.

Dengan menjadi anggota frequent flyer, kita akan mendapatkan manfaat-manfaat antara lain: Priority check in di airport, Priority boarding, Extra allowance baggage, dan bahkan menukarkan miles yang kita punya dengan penerbangan gratis. Semua manfaat yang kita dapatkan tergantung dari program setiap grup maskapai. Manfaat yang aku dapat sekarang sih dapat extra  bagasi 5 kg untuk garuda indonesia, karena setelah 6 tahun jadi member frequent flyer Garuda Indonesia, baru tahun ini bisa naik ke gold…(nih akibat tahun ini keseringan pp jakarta medan)

Berhubung untuk Sky team udah punya frequent flyer, aku iseng aja daftar jadi member frequent flyer grup lainnya dan yang penting pendaftaran harus gratis. Setelah main ke blog nya  andri pilihan untuk grup Star Alliance jatuh kepada Aegean Airlines dan ga sampe setengah jam berhasil daftar jadi member. Semoga suatu hari kelak bisa menjelajah eropa, aamiin. Kemudian untuk grup One World, aku juga daftar jadi member Air Miles, program frequent flyer nya Cathay Pacific, karena Insya Allah akan terbang dengan Qantas yang merupakan salah satu anggota One World. Setelah daftar, kita akan dikasih kartu sementara via e-mail dan setelah penerbangan pertama nanti fisik kartu akan dikirim. Asyiiik nambah lagi koleksi isi dompet. Oh ya, aku juga iseng daftar jadi member air new zealand, yaa kali aja ntar ada uang berlebih, dan insya Allah bisa lihat negeri hobbit…Yang terpenting dari semua prosedur pendaftaran tersebut adalah, FREE.

img_20151111_1852331

Sekian cerita perburuan Frequent Flyer Member

Binjai, 11 November 2015

-daniwulan-

Advertisements