Solo Traveling

Assalamualaikum…

“Solo travelling means you are going somewhere else alone, where you will spend a significant chunk of time alone once you get there.  Not just driving or flying from point A to point B, where you will meet up with friends or family that you will spend your entire trip with them”

Aku memutuskan keluar dari zona nyaman dan melakukan perjalanan sendiri karena keadaan. Ya keadaan dimana tidak ada seorang pun teman yang bersedia menjadi teman seperjalanan, di saat keinginan untuk berlibur sudah mencapai titik maksimum. Setelah menyelesaikan tugas negara (it was definitely since I was given a duty letter from my office), aku memutuskan untuk berlibur, menenangkan pikiran sebelum kembali ke rutinitas di kantor.  Ubud, sebuah kota yang tenang di pulau dewata menjadi awal tujuan, namun izin dari nyonya besar a.k.a my lovely mother, tak keluar sehingga kota ini di coret dari daftar kota tujuan. Kota kedua adalah solo dan yogyakarta, namun kota ini juga dicoret, mengingat aku sudah pernah mengunjungi yogyakarta di 2010. Kota terakhir adalah Bandung. Pilihan jatuh ke kota ini karena lebih dekat dengan Ibukota, dan banyak tempat belanja (aku bahagia sebagai wanita…).

Persiapan solo traveling

Booking tiket kereta PP jakarta-bandung, membaca review tempat-tempat menarik di forum ini , membaca review penginapan dan tempat menarik di sini serta menyusun itinerary untuk 3 hari dua malam, oops tak lupa membooking hotel melalui situs ini dan memberikan kabar perihal kedatangan dan alamat penginapan kepada teman-teman yang tinggal di kota tujuan untuk mencari testimoni mereka tentang penginapan tujuan dan juga untuk keamanan. Meskipun hasil tes akhir IELTS masih belum released, I had decided to relax my mind. Apa yang aku dapat dari perjalanan ini: Mandiri, since I have to prepare everything by myself, and many more. I will do it again in the future (ehm… Australia and New Zealand, I am coming). In conclusion, there are several preparations before solo travelling:1. Tentukan tujuanmu, 2. Yakinkan keluargamu, 3. Buat perencanaan yang baik, 4. Packing, I prefer bringing backpack rather than taking luggage, 5. Siapin mental: berani dan percaya diri. and you are ready to do solo travelling.

Beberapa hal yang aku lakukan dan aku sarankan untuk dilakukan oleh para perempuan pecinta solo travelling

  1. Jalan-jalan : We have to explore the city, do sightseeing, go to the museums, just walking around and tasting new cuisines and shopping. I did all those activities..
  2. Be confidence: Don’t be afraid. Aku selalu mengandalkan google maps dan sesekali bertanya kepada para penduduk lokal saat berjalan-jalan. Malam pertama di Bandung aku habiskan dengan mengelilingi kota Bandung bersama seorang teman kuliah. Terima Kasih my friend.
  3. Berpakaian yang sederhana dan tidak mencolok: mencoba untuk berbaur dan berperilaku seperti penduduk lokal, tidak menarik perhatian dengan berpakaian sederhana.
  4. Memberi kabar kepada keluarga atau teman-teman yang mengetahui keberadaan kita di kota tersebut. Aku juga menyimpan nomor teman ku yang tinggal di kota tersebut.
  5. Nikmati perjalanan: Menjauh untuk sesaat dari rutinitas adalah hal yang sangat langka, maka nikmati waktu kita sebaik-baiknya. Menikmati apa yang aku mau tanpa perlu diskusi terlebih dahulu dengan teman seperjalanan, semisal mau makan dimana, seberapa sering, seberapa banyak, semua terserah diri kita sendiri.

replace-fear-of-the-unknown-with.jpg

picture taken from Enter a caption

-daniwulan-

