Prosedur Pendaftaran Nomor Porsi Haji Kemenag Perwakilan Binjai

Assalamualaikum…

Kali ini mau cerita pengalaman seseorang saat mendaftar haji. Alurnya: BANK-Kemenag-BANK-Kemenag.

1. Hal pertama yang harus dilakukan adalah pergi ke Bank Penerima Setoran Haji yang selanjutnya disingkat BPS untuk membuka rekening haji dengan menyetor dana minimal sebesar Rp25.100.000. BPS diantaranya: Bank Muamalat, Bank Syariah Mandiri, BNI Syariah, BRI Syariah. Daftar lengkap nama-nama  BPS Haji dapat dilihat di web kemenag ya. Syarat pembukaan rekening tergantung kebijakan Bank, umumnya siapkan KTP dan fotokopinya.

2. Setelah memiliki Buku Tabungan Haji dengan saldo minimal sebesar Rp25.100.000 maka selanjutnya adalah berangkat ke Kemenag dengan membawa berkas-berkas sebagai berikut:

a. Fotokopi Buku Tabungan Bagian Depan yang ada identitasnya dan Bagian yang menunjukkan saldo.

b. Fotokopi KTP

c. Fotokopi Akta Kelahiran

d. Fotokopi Ijazah pendidikan terakhir

e. Fotokopi Kartu Keluarga

f. Fotokopi Buku Nikah bagi yang telah menikah

g. Siapkan Pas Foto Ukuran 4×6=20lbr dan 3×4=40lbr atau bisa ditambahkan jumlahnya. Saat hendak foto di studio foto, informasikan bahwa pas Foto untuk Haji, karena pas Foto untuk haji porsi wajah 80%. Pihak Kemenag akan meminta pas Foto ukuran 3×4=20lbr dan 4×6=10lbr (jika aturan belum berubah ya)

Semua dokumen yang difotokopi hendaknya di fotokopi di kertas A4 dan siapkan 3 rangkap. 2 Rangkap untuk kemenag dan 1 rangkap untuk pertinggal.

Saat di kemenag kita akan dipandu untuk pengisian Surat Pendaftaran Pergi Haji (SPPH). Bagi yang rekening tabungan haji nya di Bank yang telah tersambung dengan SISKOHAT maka pengisian SPPH dilakukan secara online oleh petugas kemenag. Pastikan semua data yang diisi benar dan sesuai dengan identitas, termasuk juga BIN bagi laki-laki dan BINTI bagi perempuan. Pihak Kemenag akan memberikan satu lembar SPPH yang harus kita tempel foto ukuran 3×4 dan telah ditanda tangani oleh petugas kemenag dan telah di stempel kemenag.

3. Setelah mendapatkan SPPH, selanjutnya kita berangkat ke BANK agar Bank dapat melakukan transfer dana ke rekening kemenag sebagai bukti pendaftaran Haji dan mendapatkan Nomor Porsi Haji. Siapkan Meterai Rp6000 dan Pas Foto Ukuran 4×6 dan 3×4. Setelah Bank sukses mentransfer dana setoran awal sebesar Rp25.000.000 maka kita akan diberikan Bukti Setoran Awal Pergi Haji sebanyak 4 lembar. Lembar putih yang asli kita simpan dan lembar kopi yang 3 lembar kita bawa ke Kemenag.

4. Lembar Bukti Setoran Awal Pergi Haji yang diberikan oleh Bank selain yang berwarna putih kita bawa ke Kemenag. Proses pun selesai. Selanjutnya kita dapat menanyakan perkiraan keberangkatan kepada Petugas Kemenag sesuai dengan nomor porsi yang kita dapat. Pengecekan juga dapat dilakukan secara online disini

Simpan seluruh dokumen dan foto. Proses Selesai. Tingkatkan jumlah saldo tabungan sedikit demi sedikit hingga saat keberangkatan nantinya sudah bisa melakukan pelunasan Ibadah Haji, perbanyak membaca dan perbanyak berdoa, karena hanya atas izin Alloh SWT kita dapat berkunjung ke Baitullah.

_____

Menjelang tahun keberangkatan biasanya akan ada pengumuman dari Pemerintah agar melakukan pelunasan ongkos naik haji.

wassalamualaikum

-daniwulan-

Advertisements