Education Exhibition

Bagi para pemburu beasiswa seperti saya, mendatangi pameran pendidikan adalah suatu hal yang penting untuk memperoleh informasi sebanyak-banyaknya terkait dengan universitas yang akan dituju. Sumber informasi berasal langsung dari perwakilan universitas. Selain itu, dalam kesempatan ini juga kita dapat mempraktikkan kemampuan berbahasa inggris dengan para representative dari universitas tersebut, meskipun para representative tersebut biasanya juga didampingi oleh pihak dari penyelenggara pameran pendidikan.

Para representative tersebut biasanya akan mengadakan presentasi tentang kampus yang diwakilinya, mulai dari mata kuliah yang di tawarkan, biaya hidup, social life, fasilitas kampus, dllsb, intinya mereka memberikan promosi dan informasi sebanyak-banyaknya. Saya udah dua kali mendatangi acara pameran pendidikan ini. Yang pertama pada tahun 2013, pihak penyelenggaranya sun education, mereka membawa banyak perwakilan universitas dari Amerika, Australia dan Inggris dan ada juga presentasi dari pihak kedubes  Amerika terkait segala hal yang dibutuhkan dan harus disiapkan seorang yang akan studi ke amerika, misal bagaimana cara pengurusan visa pelaja (student visa).

Yang kedua, kemarin tanggal 01 November 2014. Kali ini khusus Australia. Pihak penyelenggara dari IDP. Acaranya tediri dari wawancara langsung dengan perwakilan universitas, presentasi dari universitas, dan simulasi/latihan IELTS. Pada kesempatan ini saya mencari informasi terkait studi yang saya minati dari perwakilan Monash University. Selain itu saya juga mendengarkan pemaparan/presentasi dari tiap perwakilan universitas, dari para representative ini saya memperoleh banyak informasi tentang sistem pendidikan di Australia, Kehidupan sosial budaya di Australia, Fasilitas yang diberikan kepada pelajar internasional dan juga biaya hidup serta kehidupan di kampus.

Mengikuti acara-acara sperti ini semakin menambah semangat saya untuk melanjutkan studi ke luar negeri, tapi tentunya dengan sponsor atau beasiswa, karena kalo dana sendiri ga akan sanggup, mahaal banget, gaji setahun kalo ga di pake sama sekali (emang bisa) , belum juga separuh biaya sekolah di luar negeri. Doakan ya semoga saya dapat mewujudkan impian untuk studi ke luar negeri lewat beasiswa aamiin.

img-20150415-wa0014

