Rekening Belanja

Perempuan memang identik dengan belanja. Nah ini cerita pengalaman pribadi sih. Sejak kenal dengan forum female daily dan hobi mampir ke thread muslim outfitter , walah…kok hasrat belanja meningkat ya. Apalagi sekarang zaman canggih, belanja ga mesti keluar rumah. Semua bisa di lakukan di depan komputer, tinggal klak klik doank. Online Shopping istilahnya.

Untungnya dulu pernah nulis tentang belanja sesuai kebutuhan di post sebelumnya . 

Jadi tiap ada godaan untuk belanja selalu bertanya ke diri sendiri : “kamu butuh ga tuh??. Kalo cuma ingin ya ga usah dibeli” Tapi tetep aja bisa lewat sekian rupiah dari tabungan, dan taraaa tadi malam ada sharing twit dari Commbank tentang Rekening Belanja buat mensiasati hobi online shoping.

Nih aku rangkum disini supaya aku gampang ingat.Lets start it :

Suka belanja? Online? Dimana-mana namanya Shopping bisa bikin kalap mata dan kantong kering. Gimana cara ngaturnya?

1. Supaya kondisi kantong tetap terkendali meski shopping, kita harus membuat anggaran shopping.

2. Dalam perencanaan keuangan, kebutuhan shopping ini termasuk kebutuhan pribadi dengan anggaran maksimal 20% dari pendapatan. Contoh : Jika pendapatan Rp4 juta maka terkumpul Rp800 ribu. Rp400 ribu merupakan dana shopping.

3. Agar tidak tercampur, kita lebih baik memiliki rekening shopping sendiri terpisah dari kebutuhan lainnya. (yup, yang ini udah aku lakuin)

4. Rekening shopping merupakan rem ketika melihat barang mahal, kita jadi nabung dan tidak mengeluarkan lebih dari anggaran.

5. Usahakan belanja fashion 3 bulan sekali, rasanya pasti lebih memuaskan karena tabungannya lebih banyak. (dan selalu ingat beli sesuai kebutuhan bukan keinginan)

6. Rekening Shopping, anggaran shopping dan perencanaan membuat kita disebut ‘smart shopper”

Terima kasih Commbank, karena udah sharing tips untuk belanja. Semoga tulisan ini juga bermanfaat untuk yang lainnya, kan jadi amalan jariyah buat saya. Aamiin

sumber : tweet commbank

Advertisements