Mudahnya Bertransaksi Reksadana

Assalamualaikum….

judul panjangnya : Mudahnya Bertransaksi Reksadana melalui commonwealth bank

Udah setahun kenal dengan reksadana. Setahun lalu saat masih cari-cari referensi tentang reksadana, banyak yang menyarankan untuk menggunakan jasa Commonwealth Bank, selanjutnya saya singkat menjadi commbank, untuk melakukan transaksi reksadana. Commbank merupakan salah satu dari beberapa agen penjual reksadana yang sudah terdaftar di BAPEPAM. Dan setelah 10 bulan menjadi nasabah commbank, memang benar, saya mendapatkan kemudahan untuk bertransaksi reksadana. Berikut akan saya sharing pengalaman saya menjadi nasabah commbank.

1. Pembukaan Rekening

Ada beberapa jenis tabungan individu pada commbank, namun untuk transaksi reksadana saya cukup untuk menjadi nasabah Tabungan Bunga Harian (TBH). Saya memilih TBH dengan alasan utama setoran awal hanya Rp500.000,- dan biaya administrasi bulanan Rp5.000,- .

Proses pembukaan rekening cepat, cukup sediakan KTP yang masih berlaku dan NPWP jika ingin bertransaksi reksadana. Setelah mengisi dan menandatangani formulir pembukaan rekening maka kita akan mendapatkan buku tabungan, kartu atm dan token gratis untuk internet banking. Kartu ATM commbank terhubung dengan jaringan PRIMA dan juga ATM Bersama dan commbank memberikan layanan gratis biaya transaksi ATM melalui jaringan ATM Bersama/Prima/BCA dan gratis biaya transaksi kartu debet melalui jaringan Debet Prima/BCA.  Untuk pembelian reksadana kita perlu mengisi dan menandatangi beberapa dokumen antara lain profil resiko, formulir pembukaan reksadana. Untuk formulir pembukaan rekening dan pembukaan reksadana kita dikenakan dua buah meterai 6000 sehingga kita dikenakan biaya meterai Rp12.000,-. Hadiah yang saya peroleh karena pembukaan rekening adalah sebuah mug berlogo commbank.

catatan: untuk calon nasabah yang berprofesi sebagai PNS akan dilakukan verifikasi terlebih dahulu sehingga prosesnya akan lebih lama, minimal 7 hari kerja. Hal ini dilakukan untuk menghindari adanya money laundry atas dana yang akan disetor ke bank. Apabila verifikasi telah selesai dan calon nasabah tidak terindikasi masalah maka calon nasabah akan dihubungi dan diterima permohonan pembukaan rekening.

2. Pembelian Reksadana

Pembelian reksadana saya lakukan melalui internet banking (secara online) karena akses bertransaksi melalui Internet/Mobile Banking dengan diskon biaya transaksi : Diskon 50% dari biaya pembelian produk reksa dana.

3. Laporan Bulanan Reksadana

Setiap bulan commbank akan memberikan laporan bulanan terkait dengan Saldo Investasi Reksadana nasabahnya. Laporan dikirimkan ke alamat yang kita berikan pada saat pengisian formulir. Selain itu Bank Kustodian dari setiap reksadana yang kita miliki biasanya juga akan memberikan laporan bulanan terkait dengan saldo kepemilikan reksadana kita. Jadi tinggal membandingkan saja laporan dari Bank Kustodian dan Dari commbank.

4. Penjualan Reksadana

Untuk penjualan, commbank tidak memberikan layanan online. Nasabah diharuskan datang ke kantor cabang dan bisa di cabang mana saja (tidak harus di kantor cabang tempat membuka rekening). Nasabah cukup datang dengan membawa Buku Tabungan dan kartu ATM. Selanjutnya customer service akan membantu nasabah mengisi formulir penjualan, dan paling lama 7 hari dana hasil penjualan sudah masuk ke rekening nasabah.

Mudah kan…

saat terbaik untuk berinvestasi adalah saat ini…

Advertisements